Jika biasanya kode verifikasi dikirimkan melalui sms ataupun telepon, kini ada opsi lain, yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator. Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah anda dapat menerima kode verifikasi meskipun anda tidak memiliki sambungan internet atau layanan selule (seperti tidak ada sinyal, dsb). Selain itu google authenticator ini dapat digunakan untuk multiple device, artinya ini membuat 2 step verification lebih simple.






 Tertarik untuk mencobanya? Berikut Cara Install Google Authenticator pada Android:

Requirements


Sebelum melakukan instalasi, pastikan anda sudah mendapatkan Google Authenticator (download here) dan juga 2 step verification sudah anda aktifkan. Jika belum, silahkan aktifkan 2 step verification disini. Selain itu, versi android anda minimal 2.1.


Setting up the app


 1. Download dan install Google Authenticator
 2. Pada komputer anda, buka 2 step verification settings


 3. Klik Switch to app, dan plih Android (karena saya pakai android :p)

4. Next, untuk menghubungkan akun dengan Google Authenticator yang berada di perangkat anda ada 2 cara, ayitu dengan QR code dan juga dengan menggunakan secret code. Namun dalam percobaan kali ini saya menggunakan QR code.

5. Buka Google Authenticator yang sudah terinstal pada perangkat anda

6. masuk menu Set up account, plih Scan a barcode



7. silahkan scan barcode yang muncul pada layar komputer anda
8. langkah selanjutnya adalah verifikasi dengan cara memasukan kode verifikasi yang terlihat pada google authenticator anda




Bagaimana? Mudah bukan?  Jika masih mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, silakan kirimkan via form komentar dibawah :)

1 comments:

 
Top