Sudah cukup lama saya tidak posting pada blog ini. Bukan karena tidak ada ide atau malas menulis. Tapi ini semua karena sebuah game yang bernama Dota 2. Seru memang war sesudah pulang kerja bersama dengan rekan kerja. Ok, saya rasa cukup basa basinya. Skip skip skip.

Pada posting kali ini saya akan akan membahas bagaimana setting CCTV agar bisa dilihat dari luar. Sebelumnya saya anggap anda sudah mengetahui IP DVR dan memiliki akses ke router. Dan pada praktek kali ini saya menggunakan router TP Link model TL-WR841N.

Berikut cara setting cctv pada router TP Link:

1. Buka Router

Sebelum kita membuka router ada baiknya kita mengetahui IP router tersebut. IP default-nya adalah 192.168.1.1, namun bisa saja berbeda. Cara untuk mengeceknya, anda buka command prompt lalu tuliskan perintah "ipconfig" (tanpa kutip), lalu tekan enter. Dan disana akan terlihat IP dari default gateway anda. Catat itu bila perlu.

Nah, jika anda menggunakan linux, anda bisa melihat gateway anda dengan membuka terminal lalu tuliskan perintah: "route"

Setelah mengetahui IP dari router, selanjunya anda tinggal mengakses router tersebut. Untuk membuka router bisa melalui browser, baik itu firefox, google chrome, safari, opera, dan lain sebagainya. Caranya seperti anda mengakses suatu website, anda tinggal menuliskan IP router yang tadi pada address bar, lalu tekan enter. Tada.

2. Forwarding

Setelah anda dapat mekakses router, selanjutnya anda hanya perlu membuatkan port untuk diarahkan langsung ke DVR. Caranya:

Klik menu Forwarding >> Virtual Servers >> add new

Lalu masukkan port yang anda inginkan pada form service port dan masukkan IP DVR pada form IP address, sisanya biarkan saja.


Ok, sekarang saatnya kita test akses cctv yang sudah kita setting tadi


Mungkin langkah diatas terlalu panjang ya :))
Nah buat yang males baca detail, berikut rangkuman dari tutorial diatas

- cari akses router
- forwarding 
- virtual servers
- add new
- masukkan port yang diinginkan dan IP DVR
- save
- done

its so simple =))

2 comments:

 
Top