Sebelumnya saya sudah membuat posting bagaimana cara mengganti nama dan password wifi. Dan selain mengganti nama dan password wifi, masih ada cara lain untuk mengamankan jaringan (wireless) Anda, yaitu dengan menyembunyikan SSID atau nama wifi. Sehingga orang lain tidak akan menyadari bahwa terdapat wifi yang tersembunyi.



Untuk menyembunyikan SSID atau nama wifi ini sebenarnya sederhana saja. Yang terpenting adalah Anda memiliki akses terhadap router anda. Sehingga dengan akses tersebut kita dapat melakukan setting sesuai dengan kebutuhan.

Dalam posting kali ini penulis mencoba untuk menyembunyikan / hide SSID pada router Tp-link TL-WR940N. Dan topologi jaringan sendiri sederhana; ISP - router (tp-link) - client.
Sekarang kita ke menu utama, yaitu setting router tp-link agar nama wifi tersembunyi.

1. Akses router

Seperti yang sudah saya katakan, kita perlu akses kedalam router untuk melakukan setting. Untuk mengakses router itu sendiri, Anda dapat membuka Web browser Anda. Lalu pada address bar, iskandar alamat dari router. Default address router biasanya 192.168.0.1 password serta username adalah "admin" (tanpa kutip).Atau anda bisa melihat IP router anda dengan menggunakan command prompt.

2. Disable SSID broadcast

Setelah anda berhasil masuk silahkan masuk ke menu wireless, lalu hilangkan ceklis pada enable SSID broadcast. Seperti ini:



Mudah bukan?
Selanjutnya jika ada perangkat (smartphone, laptop, tablet) yang ingin connect atau tersambung pada wifi yang tersembunyi tadi, silahkan baca selengkapnya pada Cara connect ke wifi tersembunyi
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

12 comments:

  1. Klo kita pingin mnyambung pke tp link sendiri
    gmana caranya gan ..tolong jawab..??

    ReplyDelete
  2. nice info gan baca juga menambahpengetahuaan.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. setelah saya klik apply change kok gak bisa ya, kembali ke pengaturan awalnya jadi enable bukan disable ???

    ReplyDelete
  4. Udah berhasil tp Blm baca cara menyambung kan pada WiFi tersembunyi, untung aja bisa dengan utak atik sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmna cara biar bisa konek lagi kang

      Delete
    2. Bagaimana caranya mengatifkan WiFi yg kehiden

      Delete
  5. Aku dah beli modem tp link TL WR-840N trus ssid yang mwu aku tembak pake modem itu tersembunyi...

    Kira kira gimana cara seting agar modem tp link saya bisa nemuin SSID yang tersembunyi itu???
    Klu d android sama komputer saya udah bisa...

    Cman ini saya mwu menwmbak dan juga mwu memancarkan...
    Tapi bgtu keadaannya...
    SSID yang mwu saya tembak tersembunyi...
    Kira kira gimana yaaa..???
    Mhon pnjelasaannya...

    ReplyDelete
  6. cara ini kayaknya untuk sementara lumayan ampuh untuk membatasi akses ilegal dari luar, terima kasih sangat bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  7. Bang, punya daya gaada hidden kiranya kenapa ya? Apa harus upgrade firmware?

    ReplyDelete

 
Top