Sering kita lupa menaruh smartphone, terlebih didalam rumah. Lebih parahnya ketika kita lupa menaruh smartphone dalam kondisi di silent! Beberapa kali kita coba miss call hasilnya pasti percuma, I know that feel bro. Nah untuk anda yang pikun sering kali lupa menaruh samartphone saya punya cara untuk mengatasi handphone yang hilang dalam kondisi silent tersebut, berikut caranya:


Ups, mumpung masih suasana lebaran, sebelumnya mohon maaf lahir batin  :)

Ok, dalam percobaan kali ini saya menggunakan Xperia SP dengan versi android 4.3. Yang perlu dicatat agar cara ini bekerja, pertama, smartphone harus dapat mengakses internet baik itu menggunakan wifi atau mobile data. Yang kedua adalah GPS dan Android Device Manager sudah aktif sebelumnya.

  
Aktifkan GPS




Masuk ke menu setting >> Location Servies >> Aktifkan GPS



Setting Android Device Manager




 Masuk ke menu utama >> cari Google Settings >> Android Device Manager




Izinkan Google Mengakses Lokasi





Google Settings >> Access Location >> Enable Access Location



Jika hal diatas sudah terpenuhi anda hanya perlu login dengan akun google yang sama dengan yang anda gunakan pada smartphone anda lalu akses https://www.google.com/android/devicemanager

Seperti ini penampakannya:


Dengan android device manager ini anda dapat menjalankan beberapa fungsi, seperti membunyikan handphone meski dalam kondisi silent, membuat password baru, bahkan menghapus semua data yang berada di smartphone anda.

Sekilas tetang fitur Android Device Manager ini:

Ring : Device atau smartphone akan berbunyi walapun dalam kondisi silent, sehingga kalau anda lupa dapat segera tahu dimana menyimpannya.

Lock : Mengunci device menggunakan password yang diset secara remote, sehingga orang lain tidak dapat menggunakan device yang hilang atau berpindah tangan tersebut. Pada pilihan ini anda juga dapat menulis pesan, misal "awas dukun bertindak " dst.

Erase : Hati-hati dengan pilihan ini, karena akan menghapus data anda dan mereset Android. Hanya dilakukan apabila perangkat benar-benar hilang, untuk menghindari penyalah gunaan data-data anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top