Pada posting sebelumnya saya sedikit membahas tentang apa itu cacti. Dan pada posting kali ini saya ingin melanjutkan bahasan saya yang serupa dengan posting sebelumnya. Ya kali ini saya akan membahas bagaimana install cacti pada ubuntu.





Dalam tutorial kali ini saya mencoba untuk menginstall cacti pada localhost. Lalu yang perlu dipersiapkan adalah:

1. LAMP
2. akses internet
3. otak yang berfungsi


Installing Cacti


Buka terminal, lalu jalankan perintah:

sudo apt-get install cacti-spine

Tunggu proses download packet selesai

Lalu pilih web server yang anda gunakan, dalam praktek kali ini saya menggunakan apache2


 Next, plih yes untuk melakukan konfigurasi


Masukan password admin database


Mysql Password untuk cacti

Konfirmasi

Well, cacti sudah selesai kita install.


Konfigurasi Cacti


Untuk melakukan konfigurasi silahkan buka web browser anda, lalu silahkan akses cacti anda. Untuk mengakses cacti yang sudah terinstall sebelumnya, anda bisa menuju ke http://your-ip/cacti/install atau bagi yang melakukan installasi pada localhost seperti halnya tutorial ini dibuat, silahkan anda mengakses ke http://localhost/cacti/install

Next, lalu pilih new install


Pastikan juga semua path correct 

Login dengan default user dan password: admin/admin


ganti default password cacti

Tadda!!!




additional image by : ubuntu geek

0 comments:

Post a Comment

 
Top